Mana lebih baik pembersih tangan busa atau sabun cair ?

Jawabannya adalah ya dan tidak mana yang lebih baik. Meskipun pembersih tangan busa atau sabun cair  memiliki tujuan yang sama, masing-masing berbeda dari yang lain, tergantung juga pada situasinya. Dan bahkan jika pembersih tangan yang berbasis alkohol membunuh kuman lebih cepat daripada banyak sabun tangan, itu tidak seefektif sabun cair dalam menghilangkan kontaminan.

tangan
Hand sanitizer busa
Akhir-akhir ini, orang-orang melihat kedatangan pembersih tangan, dan itu mendapatkan popularitas karena wabah seperti penyebaran virus corona. Pembersih tangan adalah antiseptik yang tidak perlu dibilas dengan air. Dengan demikian, sangat nyaman untuk menggunakannya di mana saja. Mudah digunakan, itu diterapkan dan tersebar di seluruh tangan seperti lotion biasa. Varietasnya adalah tisu alkohol, dan gel yang berbasis alkohol, berbasis minyak, atau berbasis triclosan.

Baca juga Sabun cuci tangan lebih efektif membunuh virus dibandingkan hand sanitizer

Sementara itu, tangan harus dicuci bersih berkali-kali di siang hari, tidak hanya sebelum makan. Ini adalah cara yang tidak rumit untuk mencegah penyakit dari kuman seperti jamur, virus dan / atau bakteri yang ada di sekitar. Mikroorganisme ini berada pada permukaan yang terkontaminasi, orang yang terinfeksi, hewan tertentu, dan bahkan pada beberapa makanan. Mereka mudah ditularkan terutama kepada anak-anak yang suka bermain di luar. Penularan umumnya terjadi dari kontak dengan sumber hingga hanya sentuhan hidung, mata, atau mulut.

Sebagian besar waktu, bahkan air PAM biasa tidak bebas dari mikroorganisme berbahaya ini. Karena itu, mencuci tangan dengan cermat dan menyeluruh harus dilakukan tidak hanya dengan air seperti itu saja, tetapi juga dengan sabun, terutama sebelum dan sesudah makan, menggunakan lensa kontak, mengobati luka, menyiapkan makanan, atau menyentuh orang yang sakit. Juga setelah pergi ke ruang kenyamanan, menangani sampah, mengganti popok, meniup hidung, dll. Di antaranya, disarankan agar mencuci tangan dilakukan secara berkala.

Saat ini, lebih banyak orang lebih suka menggunakan sabun busa daripada sabun padat atau cair tradisional. Ini karena memberikan busa halus yang halus saat disentuh. Perasaan lembut ini mendorong anak-anak untuk sering mencuci tangan bahkan tanpa disuruh. Lebih dari itu, sabun busa ini memotong waktu mencuci tanpa mengurangi manfaat dari mencuci baik dengan cairan padat atau cair. Dan, dalam mengeluarkan sabun busa, hanya jumlah yang wajar dilepaskan ke tangan, tidak seperti versi cair yang cenderung mengalir turun dengan cepat, mengeluarkan lebih dari yang dibutuhkan.

Pembersih tangan busa adalah pembersih tangan dan desinfektan portabel yang memiliki manfaat rasa lembut dari sabun busa. Ini secara efisien bekerja di tangan yang tidak tampak kotor; bahkan tangan yang bersih memiliki kuman. Dan meskipun pembersih tangan tidak memiliki manfaat yang sama dengan membersihkan dan menggosok dengan air dan sabun, itu juga efektif dalam memberantas kuman kapan saja.

Artikel terkait
http://caramerawatwajahanda.blogspot.com/2020/04/mengapa-sabun-cuci-tangan-lebih-efektif-membunuh-virus-dibandingkan-hand-sanitizer.html

No comments:

Post a Comment